Cara Memulai Bisnis Online

Cara memulai Bisnis OnlineCara memulai bisnis online itu sebenarnya sangat mudah. Asalkan punya koneksi internet kami yakin setiap orang bisa memulai bisnis online dari nol. Bahkan ada banyak sekali anak muda yang baru lulus SMK/SMA sudah memulai bisnis online dan sudah punya penghasilan sendiri.

Ada banyak motivasi yang membuat banyak orang memutuskan memulai bisnis online. Mulai dari gajinya tidak cukup untuk mencukupi biaya hidup sehari-hari. Juga memulai bisnis online dalam rangka menyalurkan hobi hingga keinginan untuk mandiri.

Berikut ini cara memulai bisnis online dan proses yang perlu Anda lakukan :
1.  Miliki mindset berbisnis yang benar

Kata-kata itu mungkin sudah sering kita dengar, tapi ingat, yang hendak kita lakukan adalah membangun Bisnis, sehingga memiliki mindset bisnis yang benar dan sikap mental yang positif, adalah Penting.
Tidak hanya itu dengan mindset yang benar tentang bisnis online, sekalipun Anda mengalami kegagalan, maka kegagalan itu tidak akan membuat Anda terpuruk. Dengan mindset yang benar, begitu mengalami kegagalan dalam bisnis, Anda akan segera bangun dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang menyebabkan Anda jatuh.

2. Menentukan model bisnis yang anda inginkan

Selanjutnya, Anda perlu memilih bisnis model mana yang paling menguntungkan. Karena meski Anda menjual produk yang sama, cara menjualnya bisa berbeda-beda.
Katakanlah Anda tertarik untuk menjual tablet khusus untuk membaca ebook. Jika Anda memiliki modal yang cukup, Anda bisa menyetok beberapa produk fisik untuk dijual lewat website atau marketplace.
Lain halnya ketika Anda belum memiliki modal. Anda perlu bekerja sama dengan supplier yang menjual tablet, lalu menjual tablet tersebut melalui sistem dropship.
Jika Anda merasa nyaman menjadi blogger dan bekerja sama dengan brand untuk mempromosikan produk, maka bisa jadi anda cocok untuk terlibat dalam skema affiliate marketing atau menjadi publisher via Google Adsense.
Apapun pilihan model bisnis online Anda, pada akhirnya Anda tetap perlu mempersiapkan hal teknis untuk menjalankan bisnis online.

3.  Meriset target market Anda

Target pasar adalah sekelompok orang dengan karakteristik yang sama dan kemungkinan membeli produk yang Anda buat.
Dengan target pasar yang lebih spesifik, Anda bisa mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah dalam menyusun strategi marketing.

4.  Membuat atau mencari produk yang akan dijual

Setelah melakukan riset target pasar, kini Anda tinggal menentukan produk yang akan Anda jual.Pastikan produk yang Anda buat sesuai dengan kebutuhan target pasar.
Misalkan Anda memilih jualan online, maka yang perlu Anda persiapkan tentu saja produk. Dengan cara:
1. membuat produk sendiri
2. membeli produk dari orang lain kemudian menjualnya lagi
3. menggunakan sistem dropship. mengambil produk dari orang lain, tanpa perlu punya stok.
Kemudian jika dilihat dari jenis produknya, Anda bisa menjual :produk fisik,produk digital dan jasa.
Kalau Anda memilih affialite marketing, yang perlu Anda persiapkan adalah melakukan pendaftaran ke markeplace khusus affiliate, seperti :JVZoo,Ratakan,Idaff,Clickbank dan lain sebagainya.

5.  Membuat website, blog atau toko online

Memulai bisnis online belum afdol jika belum membuat website. Ibarat berjualan secara offline yang membutuhkan toko, bisnis online pun butuh “toko”.
Mengapa harus membuat website untuk bisnis online Anda? Karena pelanggan yang menginginkannya. Menurut survei Verisign, sebanyak 56 persen orang tidak percaya pada bisnis online yang tidak punya website.

Apa yang terjadi jika pelanggan tidak percaya pada bisnis online Anda? Ya pasti mereka mencari alternatif lain.Jika Anda tidak ingin pelanggan lari ke kompetitor, Anda harus meyakinkan mereka bahwa bisnis online Anda benar-benar ada dan bukan tipu-tipu belaka. Nah, salah satu cara paling efektif untuk meyakinkan pelanggan adalah dengan mempunyai website resmi.

Dengan membuat website resmi, Anda akan punya domain. Sederhananya domain adalah alamat website yang unik dan tidak mungkin bisa ada dua nama domain yang sama persis. Jadi Anda bisa dengan mudah mengarahkan para konsumen untuk mengunjungi website resmi yang telah Anda buat.

6.  Mendatangkan traffic melalui media online

Tahapan selanjutnya, kalau website sudah ada, apalagi selanjutnya kalau bukan mempromosikan website bisnis. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kunjungan / trafik ke website kita. Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan situs social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan situs social media lain yang Anda paham.

Setahu saya, ini adalah cara tercepat untuk menyebarluaskan informasi bisnis dan jualan Anda. Apalagi jika Anda mempunyai jumlah teman / follower yang sudah cukup banyak, itu akan sangat membantu. Selain itu, untuk tingkat promosi yang lebih “advance”, yakni melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dengan teknik SEO.

Ini memang lebih teknis, karena kita harus memahami cara optimasi situs supaya bisa menduduki halaman pertama dalam suatu mesin pencari, dengan kata kunci tertentu. Namun justru dengan memahami pola SEO ini, mindset bisnis dan pemasaran online kita akan lebih tajam.

7.  Analisa Bisnis dan Kembangkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

"GRATIS! Video 3 Langkah Membangun Blog"">>Download Disini<<
+ +